Jumat, 30 Oktober 2009

Ternyata Ada Makhluk Lain di Kasur Kita!!

Coba sekarang liat ke arah kasur mu!! Tidak ada apa-apa kan?? Paling-paling hanya bantal, guling, dan komik-komik berserakan (khusus komik, kayaknya cuma ada di kasuku deh, hehe). Tapi, percaya gak percaya, ternyata memang benar-benar ada makhluk lain di kasur kita. Mereka selalu berada di sana, bahkan saat kita tidur!! Hiii..makhluk apaan tuh??

Makhluk kasat mata ini bernama KUMAN!! jeng..jeng..jeng..
Kuman?? Ya, tanpa kita sadari, tempat pelarian kita saat kita merasa sangat lelah juga merupakan tempat favorit kuman. Wuah! gawat nih..Tentu saja ini adalah hal yang tidak bisa kita biarkan, masa kita mau menyerahkan tempat tidur kita pada kuman?! Apalagi kita, manusia, menghabiskan sekitar sepertiga hidup kita untuk tidur, atau 8 jam sehari. Sekarang umurku 17 tahun, berarti aku sudah tidur selama kurang lebih 5,5 tahun. Dan selama itu juga, aku tidak menyadari kalau aku tidur dengan KUMAN...

eh? tapi dari mana tu datangnya si kuman? apakah mereka kiriman makhluk halus lain?
Ternyata kuman itu datangnya dari kita sendiri. Setiap manusia rata-rata melepaskan 1,5 juta sel kulit per jam dan mengeluarkan keringat 0,9 liter setiap hari (banyak banget!), meski kita tidak melakukan kegiatan apa pun. Nah, sel-sel kulit mati yang rontok tadi bisa menempel di seluruh kasur dan bantal, menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan tungau debu yang disebut Dermatophagoides pteronyssinus.

Menurut Philip Tierno PhD, penulis buku The Secret Life of Germs, bila ditimbang, berat kasur kita rata-rata akan naik dua kali lipat dalam 10 tahun gara-gara akumulasi dari rambut, keringat, sel kulit mati, spora, bakteri, zat kimia, debu, tungau, serpihan tubuh serangga, hingga kotoran tungau.
"Setelah lima tahun, 10 persen dari berat bantal adalah tungau debu. Ini adalah apa yang kita hirup saat tidur. Kotoran tungau merupakan pemicu alergi dan asma," kata Tierno

Wah! Bahaya juga tuh..
Salah satu solusi untuk menghindari hal ini adalah lapisi kasur dan bantal dengan seprai yang agak tebal, sehingga kuman tidak mudah menembus ke kasur. Selain itu, cuci sprei, sarng bantal dan guling secara teratur, paling tidak sebulan sekali. Dan usahakan menggunakan air panas, karena kuman akan mati dalam suhu di atas 60 derajat celcius.Selain itu, jaga kasur tetap dalam keadaan yang kering, karena kuman sangat menyukai tempat yang lembab dan mereka akan tumbuh dengan cepat di sana.

Yah, semoga info ini bermanfaat bagi kita semua..Ya...ha...

1 komentar: