Rabu, 04 November 2009

Kurang Air Putih, BAHAYA!!

Setelah memposting bahaya soft drink bagi tubuh beberapa waktu lalu, aku jadi ingin tahu kenapa kita harus banyak-banyak minum air putih yang tidak ada rasanya itu?? Sebenernya, aku memang suka minum air putih, dan aku juga sangat suka minum soft drink T.T. Kemudian saya kembali bertanya ke tetua Google dan kemudian saya mendapat pencerahan yang kira-kira seperti ini :

Sejak pertama kali mempelajari biologi, anda pasti mengatahui bahwa 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ada dua bagian tubuh manusia yang memiliki kadar air di atas 80 persen dimana keduanya memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, yaitu Otak dan Darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara darah memiliki komponen air 95 persen.

Untuk menjaga kesehatannya, manusia normal wajib mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Namun ukuran ini tidak berlaku pada anda yang hobby merokok, anda (perokok) harus mengkonsumsi minimal 3 liter air per hari!!. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, misalnya air seni, keringat, pernapasan dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal

Setelah anda mengetahui berapa banyak air yang wajib kita konsumsi perharinya, marilah kita bayangkan apa jadinya bila anda melanggar aturan tersebut atau dalam bahasa sederhananya, anda minum kurang dari 2 liter air putih perhari. Sebenarnya efek kekurangan air tersebut secara keseluruhan memang tidak terasa, paling-paling kita ngerasa haus. Namun efek yang sebenarnya tidak seringan yang kita lihat. Jika tubuh kita kekurangan air, tubuh akan secara otomatis menyeimbangkan diri. Loh, bagus dong brarti, di mana bahayanya??

Eiits, jangan tenang dulu, kalian pikir, dari mana tubuh kita dapet air, kalo kita gak menyediakan suplai air yang cukup bagi tubuh? Jawabannya adalah tubuh akan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dimulai dari komponen yang paling dekat, DARAH. Lantaran air dalam darah disedot untuk keperluan tubuh, maka darah akan menjadi kental sehingga perjalanannya ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar.

Pada proses ini, ginjal akan sangat menderita. Dalam menjalankan tugasnya menyaring racun dari darah, ia akan mengalami kesulitan saat harus menyaring darah yang kental. Tak jarang darah ini akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Berbahaya? Tergantung .. tapi yang jelas air seni anda akan berwarna kemerahan, sebagai pertanda mulai bocornya saringan ginjal. Dan jika anda tetap saya cuek dan membiarkan fenomena ini terjadi begitu saja tanpa ada usaha untuk menambalnya (baca : menyembuhkannya), maka segera siapkan uang cash beberapa juta untuk cuci darah.
Dan jika kebocoran ginjal kita sudah parah, mungkin tiap minggu kita harus berkunjung ke rumah sakit untuk cuci darah. Bayangkan berapa uang yang anda keluarkan tiap bulan?? Hal itu tentu saja akan menguras pundi-pundi uang anda.

Anda pasti mulai ketakutan bukan? Tapi tenanglah, teror kekurangan air masih berlanjut, masih ingat darah yang mengental karena airnya disedot untuk keperluan tubuh??

Nah saat darah ini mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tak lancar, sama halnya saat ia melewati ginjal. Akibatnya otak tidak lagi "encer" .. kebayang kan apa yang dimaksud otak tidak encer? tapi sebelum pikiran anda melayang jauh, kembalilah ke deretan kalimat di bawah ini.

Sel-sel otak adalah organ yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Terhalangnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila anda juga mengidap penyakit jantung, maka sempurnalah penderitaan anda dengan adanya serangan stroke .. hmm kedengarannya seram ya?

Kita dapat mencegah hal tersebut hanya dengan minum air minimal 8 gelas perhari dan berdoa pada Tuhan YME, insyaAllah, tubuh kita akan segar bugar sehat wal-afiat. Amiin.

(Dari berbagai sumber-EBF)

3 komentar:

  1. thank's mas atas penjelasan nya...
    ternyata air putih manfaat nya tinggi yha...
    tapi, Q biasa hanya 5 gelas saja...
    apa bagus..?

    BalasHapus
  2. from me ,, yangpunamimpi.blogspot.com...

    thank's infonya,, slama ne ku jarang minum air putih, malah cuek banget. eh,, btw pa sering pusing juga karena kekurangan air putih ya,, posting info tentang air putih gi dong.. makasih..

    BalasHapus
  3. kita memang tidak boleh kekurangan minum

    peribahasa

    BalasHapus